Dasar Multimedia
Seperti yang telah disebutkan pada artikel sebelumnya (Pengertian Multimedia),
multimedia adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi
berupa teks, gambar, suara, animasi , atau bahkan video untuk
ditampilkan untuk pengguna komputer . Ada dua jenis multimedia yaitu
multimedia linear (tetap) dan multimedia interaktif (dapat
dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan fasilitas
untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan
struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai /
pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia.
Contoh mudah multimedia linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan
televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu
mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia
interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna
diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai
keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan
membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
- Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi
- Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
- Merancang panca indra, karena bersifat visual
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah
multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang
mampu menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks
merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti.
Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai
memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks
antara lain plain text, rich format text, dan hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
- Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
- Rich format text merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
- Hypertext, biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan XML
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu - Grafik Bitmap
Bitmap
disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau
pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel
dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan
foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
- Grafik Vektor
Grafik
vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk
menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun
dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara
matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan dan sudut. Grafik vektor
cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila
diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan
grafik.
4. Gambar
Gambar
merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non
teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu.
Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract image.
- Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
- Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
- Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan
suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi
yang tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar,
grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi
desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis
suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
MIDI ( Musical Instrument Digital Interface) merupakan
jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun
jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara
yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air dan lain-lain
WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video
seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari
adegan dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam video terkandung
juga elemen multimedia lainnya seperti gambar , suara dan tulisan.
Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih
lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
- RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB
adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan
presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik
seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk
tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah
hitam.
- CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah
kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya
(black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses
pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model
pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia
juga dipergunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri.
Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat
khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang terkait, tinta untuk
proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
Daftar Pustaka
- http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/LBM@006-331-Bab%202.pdf
- http://pandakris.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
- http://dimasits.wordpress.com/2012/11/19/konsep-dasar-multimedia-audio-dan-video/
- http://www.topazart.info/teks_teachingmat/multimedia/multimedia_05Trans01.pdf
- http://chievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html
- http://kk.mercubuana.ac.id/files/94008-1-724834303468.pdf
- http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html
- http://nandaram-work.blogspot.com/2012/09/konsep-dasar-multimedia-teks-citra.html
- http://okto-sumberdayaalam-okto.blogspot.com/2012/04/konsep-multimedia.html
- http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/konsep-multimedia.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Cyan_Magenta_Yellow_Key